Pages

Sample text

Sample Text

Social Icons

Featured Posts

KUMPULAN DOA HAJI DAN UMROH bag 6: DOA WAKTU MINUM AIR ZAM ZAM


Written by. Edupedia
HENDRA D. PRASETYO // CITRA O. S. PRASETYO


Zamzam dalam bahasa Arab mengandung arti kata زمزم yang berarti banyak atau melimpah-ruah. Air zamzam adalah air yang dianggap sebagai air suci oleh umat Islam. Zamzam merupakan sumur / telaga mata air yang terletak di kawasan Masjidil Haram, sebelah tenggara Kabah yang memiliki kedalaman ±42 M

Dalam nama-nama Arab, Air zamzam memiliki Faidah-faidah (nama lain) antara lain:

a)    Syaba'ah, artinya mengenyangkan. Setiap orang yang meminum ini pasti akan merasa kenyang.
b)   Murwiyah, artinya penyegar. Air ini sungguh menghilangkan dahaga bagi yang meminumnya.
c)    'Afiyah, artinya sehat. Air zamzam memang dikenal dapat menolak penyakit.
d)  Nafi'ah, artinya bermanfaat. Air zamzam dikenal sangat bermanfaat, seperti menguatkan hati, atau menghilangkan ketakutan.
e)    Maimunah, artinya berkah. Berkah air ini sudah sangat dirasakan banyak orang.
f)  Barrah, artinya memiliki kebaikan. Air zamzam ini sangat baik bagi yang meminumnya untuk memeroleh keberkahan.
g)    Madhmunah, artinya bagus. Karena, indahnya air zamzam ini, maka Allah Melarang suatu kaum dari bangsa Arab yang tinggal di sekitar sumur ini untuk bermaksiat.
h)    Kafiyah, artinya mencukupi. Orang yang meminum ini akan merasa cukup atau puas saja.
i)     Syifa' saqamin, artinya menyembuhkan penyakit. Karena air ini dapat dijadikan obat penyakit bagi yang meminumnya.
j)     Mu'zhibah, artinya mencegah rasa dahaga. Rasanya antara manis atau tawar. Karena sifat inilah, air zamzam punya fadhilah/keutamaan seperti ini. Hanya saja, setelah dibawa pulang ke Indonesia, rasanya sedikit berubah.
k)    Tha'amu Tha'min, artinya mengenyangkan. Orang yang meminum air zamzam akan merasa kenyang.
l)     Hazmatu Jibril, artinya injakan tumit Malaikat Jibril. Sesuai dengan asal mulanya air zamzam.
m)   Maghfurah, artinya pengampunan. Orang yang minum air zamzam, akan diampunkan dosanya.


Nama-nama yang berikut ini, didapati semua dari hadits-hadits hasan dan sahih. Ibnul-Qayyim ra pernah berkata, "Aku dan selain diriku telah megalami perkara yang ajaib tatkala berobat dengan air zamzam. Dengan izin Allah, aku telah sembuh dari beberapa penyakit yang menimpaku. Aku juga menyaksikan seseorang yang telah menjadikan air zamzam sebagai makanan selama beberapa hari, sekitar setengah bulan atau lebih. Ia tidak mendapatkan rasa lapar, ia melaksanakan thawaf sebagaimana manusia yang lain. Ia telah memberitahukan kepadaku bahwa, ia terkadang seperti itu selama empat puluh hari. Ia juga mempunyai kekuatan untuk berjima', berpuasa, dan melaksanakan tawaf." Ibnul Qayyim melanjutkan, "Ketika berada di Mekkah, aku mengalami sakit dan tidak ada tabib dan obat (yang dapat menyembuhkannya). Akupun mengobatinya dengan meminum air zamzam dan membacakan atasnya berulangkali (dengan al Fatihah), kemudian aku meminumnya. Aku mendapatkan kesembuhan yang sempurna. Akupun menjadikannya untuk bersandar ketika mengalami rasa sakit, aku benar-benar banyak mengambil manfaat darinya."
 
Menurut riwayat yang sahih, mata air tersebut ditemukan pertama kali oleh Hajar setelah berlari-lari bolak-balik antara bukit Safa dengan bukit Marwah, atas petunjuk Malaikat Jibril, tatkala Ismail, putera Hajar, mengalami kehausan di tengah padang pasir, sedangkan persediaan air tidak ada kemuliaan lewat air Zamzam melalui perintah Allah Ta'ala. Maka Allah mengutus Malaikat Jibril. Sesaat setelah Jibril menghentak kaki -yang kemudian menjadi tempat Zamzam itu, Ibunda Nabi Ismail AS menampung air yang mengalir dengan menggali tanah di sekitar keluar airnya itu agar air itu tak hilang ketika dia ambil kantong minumnya. Rasulullah melanjutkan, "Andai ibu Ismail tidak menampung air itu, tentu sekarag sumur Zamzam sudah jadi mata air yang mengalir." Jibril kemudian menceritakan bahwa lokasi itu kelak adalah Baitullah yang akan dibangun Ibrahim AS dan Ismail AS. Peristiwa itu terjadi 1910 SM, 2572 tahun sebelum kelahiran Rasulullah, atau sekitar 4000 tahun yang lalu.

Sumur zamzam terletak 11 meter dari Ka'bah. Menurut cerita yang sahih, ia dapat menyedot air sebanyak 11-18,5 liter per detik. Sehingga, dapat menghasilkan 660 liter air permenit dan 39.600 liter perjamnya. Dari mata air ini, ada celah ke arah Hajar Aswad dengan panjang 75 cm, dengan tinggi 30 cm yang juga menghasilkan air sangat banyak. Beberapa celah mengarah kepada Shafa dan Marwa, dan beberapa ke Hajar Aswad dengan panjang 75 cm dengan tinggi 30 cm, dan dengan air yang jumlahnya banyak. Celah Zamzam ini mengarah pula ke arah pengeras suara dengan panjang 70 cm dan tinggi 30 cm. Dahulu, di atas sumur ini, ada bangunan dengan luas 8 m × 10,7 m = 88.8 m2. Tapi, bangunan ini ditiadakan untuk meluaskan tempat tawaf. Sehingga, ruang minumnya dipindahkan ke ruang bawah tanah, di bawah tempat tawaf, dengan 23 anak tangga yang dilengkapi AC. Tempat masuknya dipisah antara laki dan perempuan. Di situ, ada 350 keran air minum, yang 220 ada di sisi ruang laki-laki, dan 130 sisanya di ruang perempuan. Sumur ini dapat dilihat dari ruangan laki-laki yang dipagari dengan kaca tebal.

Allah SWT memiliki maksud tertentu menyediakan sumber air ditengah-tengah gunung batu dan padang pasir yang gersang, hal ini sebagai anugerah atas perintahnya kepada Nabi Ibrahim AS, guna mengundang sebanyak-banyaknya umat manusia ke Baitullah. Kehadiran air zam zam tidak terlepas dari keajaiban yang diperlihatkan oleh Allah SWT, sebagai mukjizat tiada bandingannya kepada umat manusia melalui Nabi Ismail dan Ibunya Siti Hajjar. Dalam penyelidikan ilmiah yang dilakukan di laboratorium Eropa dan Arab Saudi atas perintah Raja Faisal kepada Menteri Pertanian serta Sumber Air setelah mendengar “selentingan” atas berita tidak benar oleh dokter asal Mesir yang mengatakan bahwa “air zamzam tidak baik diminum oleh manusia karena air zamzam merupakan air hasil dari resapan sisa pembuangan air penduduk Arab”. Dari hasil penelitian ini terbukti bahwa air zamzam memang lain dari yang lain. Kandungan airnya berbeda dengan telaga-telaga yang ada di sekitar Makah. Berikut merupakan kandungan air zamzam serta keistimewaan dan keutamaannya.

Perbedaan Kandungan Air Zamzam dengan Air Mineral (Mg/l)
Kesitimewaan :
1.     Meminum Air zam zam menjadi satu amalan ibadah, dengan niat mengikuti anjuran Rasulullah.
2.    Diriwayatkan oleh Abdullah ibnu Abbas, Aku pernah menyiapkan air zam zam untuk Rasulullah, kemudian beliau meminumnya sambil berdiri.
3.    Makruh hukumnya apabila dipergunakan untuk mencucu najis, atau dipakai untuk membersihkan hadast besar.
4.    Disunahkan membawa air zamzam pulang ke negerinya bagi jamaah “penunai rukun Islam ke lima) yang memang berasal dari luar Negara Arab, dan Rasullulullah adalah orang pertama yang membawanya keluar kota Mekkah, yaitu ke Madinah.
5.    Mata Airnya tidak pernah kering, meskipun berjuta-juta umat manusia meminumnya setiap hari terutama pada musim ibadah “H”, bahkan sekarang dengan peralatan canggih, orang yang di Masjid Nabawi (Madinah) yg berjarak 450 Km dari Mekah meminum air zam zam setiap saat.
6.    Pada waktu Rasululullah akan melakukan Sa’I, beliau meminum air zam zam sampai kenyang, kemudian menyiram kepalaNya dengan air zam zam.
7.    Banyak orang mengguyur dan membasahi kain (baju) ihram, kemudian direntang tanpa diperas agar kering sendiri, dan akan dipakai sebagai ‘Kafan” ( pembungkus mayat) kalau meninggal nanti.

Keutamaan :
1.     Air Surga (maa’ul-Jannah), artinya air yang penuh berkah dan manfaat, seperti air surga.
2.    Nikmat Allah, salah satunya nikmat Allah bagi para Jamaah haji yang langsung dapat merasakan nikmatnya air ditengah-tengah padang pasir.
3.    Pencuci Kalbu, Air Pencuci Kalbu Nabi Muhammad SAW, ketika Malaikat Jibril membasuh hati Muhammad dengan air zam zam.
4.    Penuh Berkah, Karena Rasulullah SAW sering meminumnya dan tangannya yang penuh berkah dicelupkannya ke sumur zam zam.
5.    Mengenyangkan, Air yang mengenyangkan dan menghilangkan dahaga.
6.    Obat penyakit, Air penyembuh penyakit, baik penyakit jiea, batin atau jasmani dan Rasulullah menyebutnya “ mengobati penyakit” dan banyak kisah dan riwayat, sebagai bukti kebenaran hadist diatas.
7.    Abadi, Tidak akan kering hingga hari Kiamat, karena ia menjadi bukti keagungan dan kebenaran Allah.

Nabi Muhammad SAW menjelaskan: ”Sesungguhnya, air zam-zam ini air yang sangat diberkahi, ia adalah makanan yang mengandungi gizi”. Nabi Muhammad SAW menambahkan: “Air zamzam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya. Jika engkau minum dengan maksud supaya merasa kenyang, maka Allah mengenyangkan engkau. Jika engkau meminumnya agar hilang rasa hausmu, maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail”. (HR Daruqutni, Ahmad, Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas).

Nabi Muhammad SAW pernah mengambil air zam-zam dalam sebuah kendi dan bekas dari kulit, kemudian membawanya kembali ke Madinah dan Air zam-zam itu digunakan Rasulullah (saw) untuk memercikkan kepada orang sakit dan kemudian disuruh meminumnya.
D. DOA WAKTU MINUM AIR ZAM ZAM

اَللَّهُمَّ إِنِيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَمٍ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
Allahumma inni as-aluka 'ilman naafi'an wa rizqon waasi'an wa syifaa-an min kulli daa-in wa saqamin birohmatika yaa arhamar-roohimiin.

"Ya Allah, aku mohon padaMu ilmu pengetahun yang bermanfaat, rizqi yang luas dan kesembuhan dari segala penyakit dan kepedihan dengan rahmatMu wahai Tuhan Yang Maha Pengasih dari segenap pengasih".

Refrensi:

Continued to KUMPULAN DOA HAJI DAN UMROH bag 7...

No comments:

 

Most Reading

EDUPEDIA

Powered by Blogger.