Pages

Sample text

Sample Text

Social Icons

Featured Posts

MANFAAT SEMUT JEPANG DAN CARA BUDIDAYA



CLASSIFICATION OF Tenebrio molitor L.
KINGDOM :  ANIMALIA
PYHLUM : ARTHROPODA
CLASS : INSECTA
ORDER : COLEOPTERA
FAMILY : TENEBRIONIDAE
GENUS : TENEBRIO
SPECIES : T.MOLITOR
WRITTEN EDUPEDIA   (HENDRA DWI PRASETYO SP.)
Semut, serangga yang satu ini sangat mudah kita temui di berbagai tempat. berbagai tempat baik di dalam atau diluar rumah.Tahukah anda bahwa ada salah satu spesies semut yang sangat berkhasiat untuk pengobatan?
Ya... belakangan ini Semut Jepang sangat populer .Hal ini karena manfaat semut jepang dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Semut Jepang itu salah satu jenis serangga dalam keluarga spesies dari sekelompok serangga kecil anggota Marga Tenebrio dan Tribolium (Ordo Coleoptera).
asal Semut Jepang ini memang berasal dari Negara Matahari Terbit yaitu Negara Jepang.
Semut Jepang memang bisa disebut serangga yang berfungsi sebagai obat herbal atau terapi, karena sangat banyak Manfaat dan Khasiatnya dalam menyembuhkan penyakit yang diderita manusia
Di Indonesia sendiri, banyak orang dewasa mengatakan semut dapat dimakan karena memiliki manfaat khusus. Teori untuk hal ini memang belum banyak yang dapat menjelaskan secaradetail. Berbeda dengan teori mengenai semut Jepang atau Japanese Ant (Tenebrio molitor L.)


 Semut Jepang (Tenebrio molitor L.)


Semut Jepang yang memiliki sebutan ‘Ari’ oleh masyarakat jepang  dipercaya memliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Semut Jepang sendiri digolongkan sebagai serangga yang setia bagi masyarakat Jepang karena kesetiaan mereka terhadap teman satu kelompok. Bagaimana dengan semut Jepang? Apakah semut yang satu ini juga memiliki manfaat khusus? 
Sebelumnya saya perkenalkan dulu apa itu Semut Jepang mulai dari telur sampai menjadi imago (Semut jepang) beserta berbagai manfaatnya.

REPRODUKSI SEMUT JEPANG    
                        



       


 Semut Jepang memiliki tiga fase dalam bereproduksi yang pertama semut jantan mencari semut betina , kemudian menyentuhkan tubuhnya dan memasukan aedeagus pada ovipositor dari semut betina , lalu semut jantan memasukan paket sperma. Beberapa hari kemudian semut betina mencari tanah yang lunak untuk membuat lubang sebagai tempat meletakkan telur
yang berkisar 500 telur . Setelah 4 - 19 hari telur menetas menjadi larva.

Selama tahap larva semut jepang makan dari vegetasinya , ada beberapa dalam masa perkembangannya beberapa larva mati dan mengalami masa pergantian kulit (molting) secara berkala. Molting terjadi pada setiap fase larva , atau kata lainnya Instar. Larva memiliki 9 - 20 instar. Setelah itu menjadi pupa. Pupa Semut Jepang baruberwarna putih dan berkembang menjadi kecoklatan. Setelah 3 - 30 hari, apabila iklim mendukung akan menjadi imago atau kumbang dewasa.


ü Spesies
Semut Jepang sebenarnya memiliki lebih dari 150 jenis di antaranya ‘Pachyondyla Pilosior’, ‘Losius Talpa’, ‘Polyergus Samurai’, ‘Stenamma Owatoni’, dan masih banyak lagi. Tetapi dari sekian ratus jenis semut Jepang, ciri – ciri mereka bisa dibilang serupa dan sangatlah mirip.

ü Morfologi Semut Jepang
Morfologi Semut Jepang berukuran  besar, lebih berisi, dan keras. Semut Jepang tergolong dalam ordo coleoptera yang memiliki ciri bersayap keras. Semut Jepang memiliki warna tubuh hitam dan mengkilat. 
Semut Jepang atau yang biasa disebut Mealworm (Larva) berasal dari kumbang imago Mealworm BeetleT. molitor merupakan kumbang yang berwarna hitam pekat. Semut Jepang mengalami fase kehidupan yaitu Holometabola yaitu melalui 4 fase kehidupan antara lain Telur, Larva, Pupa, serta Imago. Panjang Larva biasanya 2,5 cm atau lebih, sedangkan pada fase imago mempunyai panjang tubuh antara 1,25 dan 1,8cm.

Sama seperti semut pada umumnya, semut Jepang juga gemar berkelompok atau membuat kelompok di berbagai tempat. Mereka juga suka sekali bereproduksi dan memperbanyak keturunan. Jadi tidak aneh bila perternakan semut Jepang yang memiliki banyak manfaat berjalan sukses. Selain itu semut Jepang juga bukan pemakan sesama.


 MANFAAT  SEMUT JEPANG 


Semut Jepang Untuk Kesehatan dan Penyakit
Masyarakat jepang sendiri sudah sangat hafal dengan banyaknya manfaat semut Jepang sehingga mereka sering menjualnya sebagai oleh – oleh dari negeri sakura tersebut yang ditawarkan ke paada para wisatawan. Mengenai manfaatnya, semut Jepang memang mengandung beberapa zat enzim yang dapat membantu menyembuhkan atau juga mengobati penyakit. Manfaat – manfaat dari semut Jepang di antaranya:

1. Mengatur kadar kolesterol
Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh kita tetapi tidak sedikit dari kita yang mengkonsumsi kolesterol terlalu berlebihan. Seperti mengkonsumsi makanan – makanan bersantan ataupun makanan laut. Semut Jepang dapat membantu mengaturnya baik bagi penderita kolesterol tinggi maupun normal.

 2. Meringankan penyakit jantung
Semut Jepang juga dipercaya dapat mengobati penyakit jantung. Penyakita yang dapat menyerang berbagai usia ini memang penyakit yang menyeramkan karena dapat menghilangkan nyawa seseorang secara
 tiba-tiba.

3. Meringankan Diabetes
Semut memang senang sekali dengan gula tetapi semut Jepang diyakini dapat membantu mengatur jumlah gula dalam tubuh kita khususnya bagi penderita penyakit gula alias Diabetes. Mereka akan menghilangkan gula dalam darah yang berlebihan.

4. Mengatur tekanan darah
Manfaat lainnya adalah mengatur tekanan darah dalam tubuh. Zat enzim dalam semut Jepang akan membantu mengatur tekanan darah seperti tekanan darah tinggi yang akan berlanjut ke penyakit lainnya.

5. Memberi tambahan visalitas
Untuk anda yang memiliki aktivitas yang padat misalnya membutuhkan energi ekstra dalam berkegiatan rutin, semut jepang dapat menjadi vitamin dalam tubuh yang menambah vitalitas baik pria ataupun wanita. Sehingga akan menambah stamina dan kekuatan dalam tubuh.

6. Meringankan penyakit hati
Penderita penyakit hati seperti liver juga dapat mengkonsumsi semut Jepang sebagai obat. Semut Jepang dipercaya dapat meringankan penyakit hati atau setidaknya tidak membuat penyakit hati kambuh lebih sering.
   
7. Mengatasi penyakit asam urat
Orang dewasa banyak sekali yang mengalami penyakit asam urat seiring bertambahnya usia. Asam urat disebabkan oleh berbagai faktor dan yang paling dominan adalah karena pola hidup. Semut Jepang akan mengatasi penyakit yang satu ini juga dan membuat penderitanya akan jarang merasa sakit di bagian sendi yang terkena asam urat.

8. Membantu mengobati Stroke
Semut Jepang juga memiliki manfaat untuk membantu mengobati penyakit Stroke. Tentunya tergantung dengan tingkat keseriusan penyakit Stroke sendiri. Bila Stroke telah masuk ke dalam tingkatan tinggi, bisa saja semut Jepang tidak dapat mengobati hanya meringankan.

Dari manfaat semut jepang yang telah anda baca diatas , alangkah baiknya jika melakukan pemeriksaan atau konsultasi ke dokter, karena kita tidak mengetahui gejala apa yang ditimbulkan pada tubuh seperti alergi,iritasi,dll.
Semut Jepang belakangan ini memang sangat populer dalam pengobatan alternatif , digunakan sebagai salah satu obat non medis ,sebagai obat anti kimia karena kandungan enzim yang tinggi pada semut jepang.

Efek Samping Semut Jepang
Efek sampingnya sampai saat ini belum pernah ada yang menjelaskan tetapi kemungkinan terjadinya gangguan pencernaan bisa saja terjadi. Dan yang paling penting adalah bagaimana kondisi tubuh kita masing – masing.

Dimana Mendapatkan Semut Jepang
 Untuk mendapatkan semut Jepang anda dapat membelinya di para peternak semut Jepang. Tidak sedikit dari mereka yang juga menjualnya dalam dunia maya atau secara online. Ada yang menjualnya berupa semut, ada juga yang menjualnya sudah berupa obat. Rata – rata berupa obat kapsul yang murni berisi satu semut Jepang.

Bagaimana Konsumsi Semut Jepang ?
Untuk bentuk ini tentu mudah dikonsumsi dengan cara meminumnya layaknya obat kapsul lain dengan takaran khusus sesuai tujuan memakan semut Jepang.

  •  Untuk Stroke

 penyakit Stroke, penderita penyakit ini dapat meminum kapsul sebanyak tiga kali dengan isi semut masing – masing 2 - 3 kapsul.

  • Untuk Diabetes

Untuk penyakit Diabetes dapat meminum kapsul sebanyak dua kali sehari dengan jumlah semut 2 sampai 3 kapsul.

  • Untuk Vitalitas

Sementara itu untuk penambah vitalitas cukup dua kapsul di pagi dan malam hari dengan isi semut 1 sampai 2 kapsul. 

Cara Konsumsi Semut Jepang

Cara mengkonsumsi lainnya dapat menggunakan bantuan media makanan lain. Contohnya menggunakan buah-buahan , sesuai dengan cara anda meminum obat.

Cara 1.
Masukan semut ke tengah-tengah buah kemudian kunyah bersama buah tersebut agar rasa semut tidak begitu terasa. Cara konsumsi yang satu ini bisa dipakai bila anda tidak ingin menggunakan kapsul yang terbuat dari rumput laut. Pastinya semut lebih cepat hancur karena telah dikunyah terlebih dahulu dimulut.

Cara 2.
Ada cara yang lain untuk mengkonsumsi semut Jepang. Cara tersebut adalah dengan menyeduh semut Jepang dengan air hangat. Biarkan beberapa menit sampai air menjadi lebih dingin. Tetapi cara yang ini akan sangat terasa bahwa anda sedang menelan beberapa semut ke perut anda.
Kesimpulannya, Manfaat semut Jepang memang dipercaya dapat membantu mengobati beberapa penyakit. Sesuai asalnya, semut Jepang hidup di iklim Jepang yaang berbeda dengan iklim Indonesia. Tetapi kembali lagi kesehatan ada di tangan anda sendiri. 

Budidaya Semut Jepang

Seiring dengan berjalannya waktu Semut Jepang semakin populer di kalangan masyarakat luas sebagai salah satu obat herbal. Permintaan yang tinggi terhadap Semut Jepang, tentu saja membuka peluang untuk dijadikan ladang bisnis (Jual / Beli). Hal ini mendorong minat sebagian masyarakat untuk membudidayakan Semut Jepang Dengan Benefit yang tinggi serta resiko yang minim kerugian. Berikut tahapan dalam budidaya Semut Jepang yang saya ambil langsung dari artikel pelaku bisnis Semut Jepang.

Pertama, Siapkan Bahan utama budidaya Semut Jepang. Seperti:
1.    Bibit indukkan Semut Jepang.
2.   Toples Plastik atau kaca dengan lubang udara (untuk udara bagi semut agar tidak kedap udara).
3.   Kapas Sterill (Bentuknya Bulat biasanya, dan bukan Kapas Kosmetik yang kotak).
4.   Ragi Tape yang biasanya untuk Fermentasi Tape sebagai pakan Semut Jepang.
Harga dari Bahan

·        Untuk harga Indukan Semut Jepang per-ekor Rp.1000,-.
·        Untuk harga Ragi Tape per-bungkus Rp. 7500,-.
·        Untuk harga Kapas Sterill per-bungkus Rp. 12.500,-.

Setelah itu, Berikut merupakan langkah - langkah yang dilakukan dalam budidaya Semut Jepang.
Antara lain:
1.   Anda harus menyiapkan bibit semut jepang, setidaknya 30 ekor (lebih banyak tentunya lebih bagus, karena perkembangbiakannya akan lebih cepat/lebih banyak)
2.   Anda harus menyediakan tempat (toples atau baskom) yang tertutup tapi diberi lubang kecil untuk udara atau anda dapat gunakan Kassa Steril sebagai penutup toples/ wadah sehingga terhindar dari debu.
3.   Sediakan ragi tape (ragi yang biasa digunakan untuk pembuatan/fermentasi tape, dapat anda cari ditoko kue atau pasar)
4.   Sediakan tempat yang memiliki suhu sedang kurang lebih 300 C, Jauhkan dari sinar Matahari dianjurkan tempat yang ada sirkulasi udara dan lembab tetapi juga jauh dari jangkauan semut merah.
5.   Sediakan kapas seperlunya sesuai Tempat/ toples/ baskom yang digunakan (kapas tempat untuk semut berkembang biak).
6.   Point 1, 3 dan 5 masukkan semua ke dalam toples/baskom yang disediakan.

gambar 8. BUDIDAYA SEMUT JEPANG DALAM TOPLES 
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam budidaya Semut Jepang.

1.   Tempat untuk menampung semut tidak boleh basah atau terkena air. Dan tidak dapat dijangkau oleh gerombolan Semut Merah bisa sekelilingnya diberi kapur pengusir Semut/serangga pemangsa lain.
2.   Kapas yg digunakan adalah kapas steril / kapas bayi yg tidak mengandung unsur dari bahan kimia. 
3.   Cara pemberian makan semut adalah selama 3 hari cukup diberi 1 butir ragi tape (tergantung banyaknya kapasitas semut , misal: semut kurang dari 200 ekor dalam satu toples).1 Butir untuk konsumsi 50-200 ekor semut selama 3 hari.
4.   Semut yg berada didalam toples/baskom jangan sampai terkena cahaya matahari karena semut tersebut sensitif apabila terkena suhu panas dari cahaya matahari, dia akan menjadi agresif dengan mencari jalan keluar dari wadah dan mati bila dibiarkan terlalu lama.
Prospek Bisnis Semut Jepang ini sangat menjanjikan


FIN

No comments:

 

Most Reading

EDUPEDIA

Powered by Blogger.