Pages

Sample text

Sample Text

Social Icons

Featured Posts

KUMPULAN DOA HAJI DAN UMROH bag 7: DOA SESUDAH SALAT SUNAH MUTLAK DI HIJIR ISMAIL


Written by. Edupedia
HENDRA D. PRASETYO // CITRA O. S. PRASETYO


Hijir Ismail adalah sebuah tempat sebelah utara bangunan Ka'bah. Hijir Ismail adalah bangunan terbuka yang berbentuk ½ lingkaran. Disebut Hijir Ismail, karena dalam sejarahnya Nabi Ibrahim pernah membuat satu tempat berteduh yang terbuat dari pohon arok di samping Ka’bah yang ditempati oleh Ismail dan ibunya Siti Hajjar juka ingin shalat di dalam Ka’bah, cukup shalatlah di dalam Hijir Ismail. Dahulu kala, Hijir Ismail merupakan tapak rumah keluarga Nabi Ibrahim AS. Di situlah Nabi Ismail AS tinggal bersama sang ibu, Siti Hajar ra, dan kemudian menjadi kuburan mereka berdua.

Ketika Ka’bah berusaha dirobohkan oleh kaum Quraisy pada tahun 606 M, yaitu sewaktu Nabi Muhammad berusia sekitar 35 tahun. Dalam usaha untuk membangun Ka’bah dalam bentuk asli ternyata kaum Muslimin kekurangan dana yang halal sehingga mereka mengurangi panjang tembok sisi barat dan sisi timur serta di bagian utara kurang lebih tiga meter. Itulah sebabnya luas Ka’bah menjadi berkurang sedang luas Hijir Ismail menjadi bertambah. Hijir Ismail termasuk bagian dari Ka'bah, karena itu jamaah yang melakukan thawaf harus mengitari pula Hijir Ismail.

Aku bertanya kepada Nabi SAW tentang dinding (maksudnya Hijir Ismail) "Apakah ia termasuk Ka’bah?" Dia menjawab, "Ya." Saya bertanya, "Kenapa mereka tidak memasukkan ke dalam Ka’bah?" Dia menjawab, "Sesungguhnya kaummu kekurangan dana."
Bukhari (1584) dan Muslim (1333)

Hijir Ismail adalah salah satu tempat dimakbulkannya sebuah do'a. Adapun beribadah di dalam Hijir Ismail hukumnya Sunnah, seperti yang diriwayatkan oleh 'Aisyah ra. Aku pernah minta kepada Rasulullah SAW agar diberi izin masuk Ka'bah untuk shalat didalamnya. Lalu dia membawa aku ke Hijir Ismail dan bersabda: "Shalatlah di sini kalau ingin salat di dalam Ka'bah karena Hijir Ismail ini termasuk bagian Ka'bah."

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda, “Wahai Abu Hurairah, di pintu Hijir Ismail ada malaikat yang selalu mengatakan kepada setiap orang yang masuk dan shalat dua rakaat di Hijir Ismail; kamu telah diampuni dosa-dosamu. Maka mulailah dengan amalanmu yang baru".

Shalat di Hijir Ismail adalah sunnah yang berdiri sendiri dalam arti tidak ada kaitannya dengan thawaf atau umrah, haji dan ibadah lainnya.

Soal keutamaan Hijir Ismail, Khalifah Umar bin Abdul Aziz pernah berkata bahwa Nabi Ismail AS mengadu kepada Allah SWT tentang panasnya kota Makkah. Kemudian, Allah SWT berfirman kepadanya, ‘’Sesungguhnya Aku membukakan untukmu sebuah pintu dari surga. Di hijir itu mengalir roh darinya kepadamu hingga hari kiamat.’’

.E. DOA SESUDAH SALAT SUNAH MUTLAK DI HIJIR ISMAIL

اَللَّهُمَّ اَنْتَ رَبِّي لاَإِلَهَ اِلاَّاَنْتَ خَلَقْتَنِى وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَاعَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ. أَعُوْدُبِكَ مِنْ شَرِّمَا صَنَعْتُ اَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَاَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لاَيَغْفِرَ الذُّنُوْبَ اِلاَّ اَنْتَ. اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا سَأَلَكَ بِهِ عِبَادُكَ الصَّالِحُوْنَ وَأَعُوْذُوبِكَ مِنْ شَرِّ مَا اسْتَعَاذَكَ مِنْهُ عِبَادُكَ الصَالِحُوْنَ

Allahumma anta rabbi laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa anaa 'abduka wa anaa 'alaa 'ahdika wa wa'dika mastatho'tu, a'uudzu bika min syarri maa shana'tu abuu-u laka bini'matika 'alayya wa abuu-u bidzanbii faghfir lii fa innahuu laa yaghfirudz-dzunuuba illaa anta. Allahumma inni as-aluka min khairi maa sa-alaka bihi 'ibaaduka sh-sholihuun, wa a'uudzu bika min syarri masta'aadzaka minhu 'ibaadukash-sholihuun.

"Ya Allah, Engkaulah Pemeliharaku, tiada tuhan selain Engkau yang telah menciptakan aku, aku ini hambaMu dan aku terikat pada janji dan ikatan padaMu sejauh kemampuanku. Aku berlindung padaMu dari kejahatan yang telah kuperbuat, aku akui segala nikmat dariMu kepadaku, dan aku akui dosaku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau sendiri. Ya Allah, aku mohon padaMu kebaikan yang diminta oleh hamba-hambaMu yang saleh, dan aku berlindung padaMu dari kejahatan yang telah dimintakan perlindungan oleh hamba-hambaMu yang saleh".

Refrensi:

Continued KUMPULAN DOA HAJI DAN UMROH bag 8....

No comments:

 

Most Reading

EDUPEDIA

Powered by Blogger.